Minggu, 02 Februari 2014

Ketakutan Dalam Kehidupan

Ketakutan Itu Menghambat Potensi

       Seberapa sering saya merasa takut? Jawabannya sangat sering. Ketakutan memberi saya dampak negati dalam kehidupan, saya seperti mengalami kebuntuan dalam berfikir, kehilangan semangat dalam bekerja, kehilangan niat untuk berusaha bahkan kehilangan gairah untuk hidup. Saya merasa setiap saat seperti dikelilingi perasaan gelisah, cemas, was-was akan apa yang akan terjadi pada esok hari. Saya sungguh merasa dunia akan memusuhi saya setelah ini karena rasa putus asa yang begitu dalam.
      Sesungguhnya memang ketakutan itu berasal dari diri sendiri, seperti sebuah bayang-bayang yang kita telah lalui, ketakutan memberi kita ruang yang sempit dan pemikiran yang tidak sehat.
      Untuk mengatasi rasa takut itu kita harus melakukan hal-hal yang positif yang dapat memberi saya semangat untuk bangkit kembali. Langkah-langkah yang dapat kita ambil dalam mengatasi rasa takut :
1. Langkah pertama adalah mengambil langkah kecil dan pasti.
   Rasa takut adalah sesuatu yang menghentikan kita untuk bertindak. Karena itu    ambil langkah kecil dan perlahan. Dengan begini kita akan mendapatkan rasa percaya diri yang lebih besar.
2. Langkah kedua temukan potensi kita sendiri.
  Temukanlah motivasi kita, mengatasi rasa takut sering kali membutuhkan proses dan waktu dan waktu yang sangat panjang. Ketika ini terjadi, kita seringkali merasa ingin menyerah. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memotivasi diri kita.
Contoh : Tuliskan keuntungan apa saja yang akan kita dapatkan jika melakukan suatu perubahan yang tadinya kita takuti. Dengan melihat semua hal yang indah di dalam pikiran kita, maka kita akan termotivasi untuk mengalahkan rasa takut.  
3. Langkah ketiga mengganti sudut pandang.
Ketika orang mengalami kegagalan atau penolakan, ini sering kali merambat pada pikiran negatif yang bisa menghancurkan diri sendiri. Padahal, semua orang pasti mengalami kegagalan dalam hidupnya.Ini adalah sebuah kenyataan yang harus kita sadari. Karena itulah, kita perlu mengganti sudut pandang kita terhadap kegagalan. Jangan biarkan kegagalan menciutkan nyali kita. Melainkan,buatlah kegagalan tersebut sebagai suatu pelajaran. 
4. Langkah keempat hadapi kenyataan.
Ketika kita mengalami rasa takut itu salah satunya adalah ingatan buruk tentang masa lalu dan rasa cemas pada masa depan. Tidak ada yang salah dengan setiap keputusan yang sudah kita buat, karena sesuatu hal yang sudah kita ambil memang akan berdampak positif dan negatif. Hadapi kenyataan yang ada belajarlah untuk tetap yakin bahwa pasti akan ada jalan untuk permasalahan yang sulit sekalipun.
5. Langkah kelima tetapkan tujuan kita.
Dengan menetapkan tujuan dalam hidup, misalnya kita ingin berlibur ke mana, kita akan membeli gadget merk apa, kita akan membeli buku biografi siapa, apabila kita memiliki goal target/penetapan tujuan maka secara otomatis kita akan memiliki semangat untuk mewujudkannya. Gapai harapan serta cita-citamu setinggi langit, ungkapan itu mengingatkan kita bahwa sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan untuk mengalahkan rasa takut dalam diri sendiri, namun kadang kita memilih untuk larut dalam ketakutan itu sendiri. Cobalah membuka wawasan Anda, bangunlah lebih pagi supaya kita tahu betapa indahnya dunia ini kalau kita mau berani mewujudkan cita-cita dan harapan dengan langkah yang pasti. (Elisabeth)

sumber tulisan :http://collection27.blogspot.com/2011/02/5-langkah-efektif-untuk-mengalahkan.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar