Kamis, 06 Februari 2014

Membaca Cerita Rakyat

Memulai dengan Cerita Rakyat
Membaca itu diperlukan rasa suka, ada rasa menyayangi terhadap suatu buku atau tulisan. Lalu bagaimana dengan bacaan yang ingin kita jelajahi? Mulailah dengan membaca cerita rakyat, baik cover maupun isinya pasti menarik untuk disimak. Penyajian Cerita Rakyat sekarang makin beraneka ragam, ada yang disajikan dengan bahasa sederhana namun ilustrasinya menarik, ada pula yang ditulis dengan dwibahasa yaitu Bahasa Indonesia kemudian dialihkan ke Bahasa Inggris.
Cerita Rakyat sebenarnya memberikan banyak inspirasi, bagaimana jalan cerita serta tokohnya mengingatkan kita pada suatu hikmah yang luar biasa bermakna untuk kehidupan. Contoh Batu Golog dari Nusa Tenggara Barat, Legenda Aryo Menak, Cindelaras, Malin Kundang, Asal Usul Banyuwangi, Lutung Kasarung, Bawang Merah dan Bawang Putih, dsb. Cerita Rakyat tersebut memberi banyak arti kehidupan yang baik bagi masyarakat.
Mulailah dengan membaca cerita rakyat untuk Anda yang suka membaca buku untuk pertama kali, selain menyenangkan dan sarat makna, bahasanya pun mudah dipahami. Setelah membaca, biasanya kita akan terinspirasi untuk membagikan isinya pada orang-orang di sekitar dan mereka akan mengingat makna yang terkandung di dalamnya. So, jangan ditunda untuk mencari cerita rakyat, saya baru saja membaca cerita rakyat yang banyak ilustrasi serta bilingual (dua bahasa). Semoga bermanfaat (Sabeth)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar